27 September 2010

Melatih Luna Belajar Berjalan

Percik Keluarga, Bekasi – Berdasarkan keseharian Luna yang mulai rembetan, Bunda insiatif untuk melatih Luna belajar berjalan. Sifatnya tidak memaksa dan hanya sesekali saja. Bunda belum ada target dini mengenai Luna berjalan karena usai Luna pun masih 9 bulan. Lagipula, proses berjalan setiap anak tidak sama – berbeda satu sama lain.



Namun, memang tak menutup kemungkinan – sebagai orang tua, Bunda ingin proses tumbuh kembang Luna lancar. Nah, Bunda pun mencoba pas jalan-jalan ke Taman Kebalen kemarin. Bunda men-tatah Luna tetapi Bunda pegang ketiak – bukan tangan.

Terlihat, Luna masih bingung dengan langkahnya. Apalagi, ini pertama kalinya berjalan mengenakan sepatu Minnie Mouse. Lucu, Luna malah sibuk mengamati sepatunya dan ingin mengambilnya. Hihihi… karena biasanya, kalau di rumah kan berjalan tanpa alas kaki. Lama-lama, ehmmm… malah ingin duduk. Meskipun begitu, Bunda yakin, Luna pasti bisa. Terus berlatih ya sayang...

Karena penasaran all about walking, Bunda “jalan-jalan” ke Google. Ada beberapa artikel menarik, antara lain:
• Baby Walker
Sebenarnya, penggunaan baby walker masih pro kontra. Ada yang mengatakan, baby walker mendorong anak untuk belajar berjalan. Namun ada pula yang berpendapat, baby walker justru bikin anak malas berjalan. Belum lagi, baby walker jika digunakan tanpa pengawasan orang tua bisa terjadi hal-hal yang tidak berkenan, misal si anak menarik taplak meja. Belum lagi, sekeliling baby walker yang aman menjadikan anak tidak bisa memahami “jatuh maka sakit” dan sebagainya.

Nah, kalau Bunda dan Ayah, dari awal tidak ingin menggunakan baby walker. Ayah berpendapat, jika menggunakan baby walker Luna tidak bisa eksplorasi sekeliling. Memang, sedikit repot mengawasi Luna yang super aktif. Tetapi, tekad Ayah untuk mengajarkan “sebab-akibat”, Bunda pikir masuk akal.

Sedangkan dari sisi Bunda, baby walker memakan space :D, maklum rumah minimalis. Lagipula, sayang jika baby walker sudah tidak digunakan lagi, mau dihibahkan ke siapa?

• Tatah
Ini bisa dilakukan secara berkala. Jika anak sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ingin berjalan, bisa dilakukan tatah. Bisa dilakukan sesekali, dan lambat-laun lamanya tatah bisa diperpanjang.

Bunda menerapkan ini. Sekarang baru sesekali saja dan belum rutin. Masih suka-suka Bunda-nya. Nah, cari sana-sini, ternyata ada cara yang baik men-tatah yakni membiarkan anak menapakkan kakinya di rumput yang berembun. Ini merangsang putik-putik syaraf telapak kaki. Next, Bunda mau coba cara ini… jadi bye bye sepatu Minnie Mouse.

13 komentar:

  1. wah luna makin pinter... nanti tiup lilin pertama kayanya udah bisa jalan nih bund :)
    Aku juga nggak pakai baby walker untuk kyara kok. peertimbangannya hampir sama kaya ayah bunda luna, plus menurutku baby walker umur terpakainya hanya sebentar. begitu anak bisa jalan dia pasti ogah pake baby walker.
    ayo dek luna tar kejar2an sama kyara :)

    BalasHapus
  2. ayoo dd luna semangat biar ntar kalo tiup lilin dah bisa jalan .. iya bun aku juga pernah denger kalo bagusnya ngelatih anak jalan tuh di rumput yang berembun biar kuat katanya .., aku sendiri sih belum coba he he he ;)

    BalasHapus
  3. ayo dede luna....jalan-jalan pagi yuk sama alisha.

    Bener, bun, tiap anak emang beda. dulu anak pertamaku bisa jalan umur 1 th eeeh anak kedua bisa jalan umur 15 bulan hehhee....pada saatnya nanti pasti bisa kok jalan.

    BalasHapus
  4. Anak saya yg kecil, Ayu, malah pas 1 tahun 6 bln mah, bisa lancar jalan, selebihnya kakinya selalu dilipat, maunya digendong atau kalopun jalan, tangan harus terus dipegang, anak2 emang beda2 deh

    BalasHapus
  5. luna sebentar lagi mulai lari2 & jalan2 ke mal nih :)

    BalasHapus
  6. Ina juga dulu belajar jalannya di rumput...pas subuh-subuh...sayang sekarang ditempat itu udah ngga ada rumputnya...jadi bingung nech mau melatih adiknya ina jalan nanti...dimana yach? apa harus ke monas heheheh....

    BalasHapus
  7. Wah ade Luna dah pintar ya, dah mulai jalan, ka shishil juga dulu dah pintar rambatan sejak umur 8 bulan, di tetah jg dah lancar cm rada takut2 kalo dilepas. Link nya sdh aku pasang bun... makasih ya dah mampir...

    BalasHapus
  8. Hihihi...sepatunya buat jalan2 aja, Bun :D

    BalasHapus
  9. cepat jalan yach luna???

    BalasHapus
  10. baby walkernya bisa dihibahkan ke Dija, Tante!!
    hehehehheheee

    BalasHapus
  11. hebat tuh kalo belom setahun sudah bisa jalan...

    BalasHapus
  12. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus