24 Mei 2010

Serba-serbi Luna 5 Bulan

Kini, usia Luna sudah lima bulan loh! Walaupun Bunda baru sempet update sekarang, tapi Bunda belum lupa kok kebiasaan Luna di usia tersebut. Masih segar dalam ingatan, kalau Luna sudah…
1. Bisa merangkak. Waktu tahu hal ini, Bunda dan keluarga sangat amazing banget. Pandangan Bunda enggak lepas-lepas dari Luna, pengen lihat terus rasanya – menggemaskan. Lucunya, Luna ngerangkak MUNDUR.

Tapi, dua minggu belakangan ini, Luna sudah bisa merangkak MAJU. Uniknya lagi, Luna mau ngerangkak maju kalau ada sesuatu di hadapannya, misal box tisu, botol, mainan, dan yang jadi favoritnya adalah rumbai-rumbai pinggiran karpet kuning yang dijadikan alas. Udah gitu, Luna tuh pinter banget, kalau benda yang di hadapannya sedikit jauh, Luna suka jual mahal. Kalau letaknya sejengkal, MAJU TERUSSSS!!!!

2. Rajin nyembur ludah. Hahahhaaa… yang ini sudah memakan banyak korban.

3. Suka masukin tangan ke dalam mulut. Karena setiap saat hobi yang satu ini tidak bisa dihilangkan, Bunda pun membelikan Bepi (Bebek Pink) sebagai penggantinya. Awalnya sih,Luna ogah, mungkin karena belum bisa menggenggam dengan sempurna dan berat kali yach… jadi suka didiemin begitu aja. Tapi, lambat laun Luna suka.

Favorit Luna sekarang adalah air putih. Enggak tahu kenapa, setiap dikasih botol isi air putih nafsu minum Luna meningkat. Karena penasaran, Bunda pun melakukan tes kecil-kecilan, Bunda berikan Luna susu Lactogen 1 – langsung dimainin di mulut. Bunda ganti deh dengan botol isi air putih, langsung lep..lep…lep, nikmat banget. Kesimpulan singkat, Luna lebih suka air putih dibanding susu. Sudah bosen kali yach???

Nah, karena akhir-akhir ini Luna aktif banget, Bunda kadang suka mikir, apakah asupan gizi dari susu sudah terpenuhi? Bunda bisa berpikiran demikian karena malam hari Luna sering terbangun untuk minta susu. Tidurnya jadi enggak tenang. Akhirnya Bunda bertanya pada ahli nutrisi dari Sahabat Nestle, jawabannya boleh dikasih makanan pendamping – hanya untuk perkenalan. Bunda berikan Serelac sebagai permulaan.

Adapun hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan makanan pendamping antara lain:

1. Pastikan kondisi anak memang sudah memerlukan MPASI. Ini bisa dilihat dengan ciri-ciri, anak aktif bergerak, sudah mampu mengecap, dan memberikan respon ketika kita mengarahkan sendok ke mulutnya. Itu sebagian tanda anak sudah boleh diperkenalkan makanan pendamping.

2. Sebagai perkenalan,berikan ½ bungkus bubur instant dalam 1 hari. Tentukan waktu yang tepat, baiknya pagi hari untuk memberikan energi kepada si anak agar ia aktif bergerak.

3. Bubur disajikan dalam bentuk cair – jadi sama seperti memberikan susu. Ini untuk menjaga saluran pencernaannya. Atau, bisa juga susu dicampur dengan susu dan masukkan dalam botol.

4. Nah, untuk mengetahui cocok atau tidaknya, untuk awal berikan bubur dalam satu rasa saja. Ini memberikan kemudahan kita dalam mendeteksi makanan yang masuk. Karena, menurut pakar, ada baiknya anak diberikan rasa secara bertahap dan satu jenis. Sehingga, jika anak kemungkinan ada alergi bisa diketahui dari jenis makanannya.

Nah, begitulah serba-serbi Luna diusia 5 bulan. Masih ada perjalanan liburan sesi 2. Tunggu yach….

9 komentar:

  1. wah luna sudah diperkenalkan dengan MPASI ya. gak coba buat sendiri aja bun makanan nya

    BalasHapus
  2. Bun, sempet sih mau bikin sendiri, tapi berhubung porsinya masih sedikit jadi batal niat itu...hehheee... Tapi, bulan depan insyaallah bikin sendiri.. Do'ain yach mam...

    Lagipula, terkadang masih dicampur dalam botol bareng susu-nya....

    BalasHapus
  3. Iya bun... bursi alias bubur asi bikinan Bunda sendiri Insya Allah lebih yummy lho... Selalu sehat ya dedek Luna :-)

    BalasHapus
  4. Makanya ada teknik memancing agar bayi cepat merangkak, salah satunya ya itu, dengan meletakkan benda2 yg menarik (aman) di depannya. Menjadi sebuah motivator bagi bayi untuk bergerak.

    BalasHapus
  5. senang nya yg punya batita cantik..
    alhamdulillah...

    BalasHapus
  6. wah dd luna dah mulai maem MPASI ya bun?
    kayaknya yummy kalau bikin sendiri. Ikhsan juga dulu aku bikinin sendiri. Bikin yang simpel-simpel aja sebelum ngantor.
    Alhasil ikhsan ga pernah doyan maem MPASI instans, doyannya made in ibu'nya hehe...

    BalasHapus
  7. waaahhh hebat dede Luna 5 bulan udah bisa merangkak. Dulu Alisha umur 6 bulan baru merayap-rayap, baru deh umur 9 bulan merangkaknya

    BalasHapus
  8. Senangnya memperhatikan tumbuh kembang anak :)

    BalasHapus
  9. wow cantiknya Luna
    pake jilbab lagi...
    aduuuh gemes banget deh

    BalasHapus