01 Juli 2009

Normalkah Bobot Tubuh Bunda?

Karena bingung Berat Badan (BB) turun terus, Bunda pun semangat searching di Google tentang caranya naikin BB Bunda (bukan baby loh!). Eh, tau-taunya nemu kuis.. jadi deh ikutan dulu… sekalian flashback makanan apa aja yang udah Bunda makan selama ini. Hmm… tp Bunda sadar sih, pasti makanan yang Bunda makan mayoritas jauh dari standar anjuran bidan/dokter kandungan… Maaf yach D’Baby…

Pertambahan berat badan saat hamil adalah normal, dan merupakan bagian kehamilan. Namun seberapa normal dan sehat pertambahan bobot tubuh itu? Sangat tergantung pada gaya hidup Anda selama hamil. Ingin tahu, sehat atau tidak pertambahan berat badan yang Anda? Ikuti kuis berikut ini:



1. Saat hamil, mestinya Anda makan dengan pola?
[A]. Makan apapun yang saya suka, kan lagi hamil…!
B. Membatasi jenis makanan tertentu agar tidak pertambahan berat badan terkendali
C. Makan lebih banyak, karena saat hamil saya makan untuk dua orang lho...

2. Seberapa sering Anda berolahraga selama hamil?
A. Tidak pernah
[B]. Kadang-kadang, kalau sempat saja
C. Sering. Bahkan saya mengikuti kelas hamil

3. Saat Anda ingin makan sesuatu, atau ngidam, maka
A. Makanan tersebut harus ada secepatnya
B. Mencoba untuk melawan keinginan tersebut
[C]. Kadang dituruti, kadang tidak

4. Menurut Anda, apakah hamil berarti bebas makan sepuasnya?
[A]. Tidak
B. Ya
C. Kadang-kadang

5. Berapa kenaikan berat badan yang dianjukan saat hamil yang Anda ketahui?
A. 20 kg sampai saat melahirkan
[B]. 15 kg sampai saat melahirkan
C. 12 kg sampai saat melahirkan

6. Selama hamil, apakah Anda sudah merasa telah memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh Anda sendiri serta janin Anda?
A. Tidak
[B]. Kadang-kadang
C. Ya

HASIL:
Anda memiliki kebiasaan makan dan olahraga yang cukup baik. Tapi kebiasaan yang lain membuat berat badan Anda naik tidak terkontrol. Cobalah berhenti ngemil dan lebih selektif saat memilih makanan. Berat badan yang terjaga selama hamil, mempermudah proses kelahiran lho...

Dari hasil kuis sih, bener banget kalo Bunda ga begitu selektif memilih makanan. Tetapi, kayaknya untuk naik BB yang tidak terkontrol ga sesuai deh… kan BB Bunda belum naik-naik…

Nah, ini beberapa makanan yang Bunda konsumsi selama hamil. Kadang-kadang memenuhi gizi tapi kadang juga enggak. Coz, Bunda suka “nakal” sih kalo makan…Makanan sehatnya, nasi (masuk walau sedikit), lauk pauk (biasanya ikan, ayam, bayam, soup, sayur asem, dan kentang), buah-buahan (hampir semua dicoba), susu Prenagen, air putih (kadang suka males minum coz cape bolak-balik pipis hehehehe…)

Kalo yang ga sehat; Mie Instant, Nu Green Tea or varian teh kemasan lainnya, Mie Ayam, Bakso, Kwetiau. Biasanya, menu ini Bunda makan pas jam makan siang… abiz bosen and bingung sama menu makanannya… Yang ada dipikiran Bunda, yang penting kenyang! Hehheee….

Jujur, Bunda kadang ngerasa bersalah kalau asupan makanan yang masuk kurang memenuhi standar gizi – khususnya buat D’Baby. Apalagi, setelah baca artikel di sini. Mudah-mudahan, pola makan Bunda bisa normal lagi pasca 4 bulan, kan udah ga mual-mual lagi… Amin.

7 komentar:

  1. Ayo semangat makan yg banyak & bergizi bunda! Bayangkan nanti d'baby lahir dengan tubuh montok siap menyusui langsung sama bundanya dan ASI bunda mengalir dengan lancar, terus berjuang ya bunda!

    BalasHapus
  2. Ikutan menyemangati ah.. iya bunda, harus udah menyetop makanan yang kurang baiknya. apalagi kan sekarang bunda makan bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk d'baby, biar d'baby nya tambah sehat dan lancar sampe persalinan ntar.
    Trus setelahnya persalinan masih ada tugas menyusui. jadi harus benar-benar menjaga pola makan.

    Kalo kata orang tua dulu, yang namanya lagi hamil itu ibarat yang sedang menenteng telor kuning nya. jadi mesti super hati-hati, termasuk soal makan.

    Tapi menurutku sich wajar aja kalo di awal masa kehamilan, BB belom naik, soalnya kan masih fase mual muntah. dulu aku juga gitu, BB baru bisa naik setelah usia kehamilan 4 bulanan. padahal selama 3 bulan aku gak pake muntah.

    tapi alhamdulillah pas 9 bulan, total kenaikan BB ku nyampe 15 kg pas.

    BalasHapus
  3. Mudah2an lancar2 smua ya bunda. aku doain semoga mual nya berkurang

    BalasHapus
  4. ayyooo semangaattt... ingat yg di dlm perut ya, mual dikit tahan aja, 9 bulan repot Insya Allah membawa kebaikan untuk tahun2 ke depan yaaaa ^_^

    BalasHapus
  5. hihi aku juga suka merasa bersalah pas hamil dulu kalo makan yang gak sehat. tapi gak papa lah bun asal masih wajar, kita kan butuh kesenangan juga sesekali dari makanan hehe:)

    yang penting sehat selalu bunda dan si dede sampe lahiran yaa;)

    BalasHapus
  6. semoga setelah mualnya berkurang makin semangat ya nafsu makannya terutama u/ makan makanan yg sehat.. :)

    BalasHapus
  7. Jangan malas makan donk bunda Fisa nanti kelabakan sendiri pas bulan2 mo melahirkan krn BB dedek bayi kurang

    BalasHapus