21 Juli 2009

Week 23: Pinggul Pegal & Denyut D’Baby

Entah kapan awal pertama kali merasakan pegal di bagian pinggul. Yang Bunda ingat, rasa ini sudah Bunda rasakan sejak 2 minggu lalu. Setiap rasa itu datang, Bunda merasakan tulang ekor yang “berbunyi – KLETEK!”. Seolah, mau patah. Bunda pun hanya nyengir kuda a.k.a ngilu.

Waktu check up ke bidan, Bunda konsultasikan hal tersebut. Katanya, ini adalah perubahan tulang punggung dan ekor yang mulai menyesuaikan bentuk perkembangan D’Baby. Alhamdulillah, D’Baby tumbuh dengan pesat. Jadi deh, Bunda yang harus rajin menaikkan BB agar “rumah” D’Baby makin luas. Biar bisa muter-muter.



Biasanya sih, rasa pegal di pinggul mulai terasa banget pas Bunda pulang kerja. Baru merabahkan badan di bangku aja, rasanya udah “kletuk-kletuk”. Mau enggak mau, Bunda pun harus mengambil posisi enak dengan cara langsung terlentang di kasur aja. Trus, minta Ayah untuk pijat-pijat ringan di bagian ekor pinggul itu. Hasilnya, membantu banget mengurangi rasa pegal itu. Dan, sepertinya pijat pinggul akan menjadi ritual rutin Bunda.

Untungnya, Ayah enggak keberatan. Abis, bidannya juga menyarankan itu. Katanya, pijatan yang tidak boleh dilakukan adalah di bagian perut. Padahal, setahu Bunda, pijat di perut adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa tegang dan bisa mengembalikan posisi D’Baby ke kondisi normal. Bunda dan Ayah sempat berbeda pendapat sih soal ini. Ayah setuju dengan pernyataan bidan, sedangkan Bunda berpatokan pada kebiasaan keluarga yang suka pijat perut pas usia kandungan 7 sampai 9 bulan. Entahlah, Bunda jadi bingung – berdiri di dua sisi.

Tapi, di balik kebingungan tersebut, Bunda sudah mulai merasakan denyutan-denyutan kecil di dalam perut. Kian hari, denyutan itu makin jelas. “Terima kasih Allah, atas kehidupan di dalam rahim Bunda”. Pernah sih, suatu hari denyut D’Baby samar bahkan nyaris hilang. Bunda sempat panik. Tetapi, setelah mencoba mendengarkan lagu, detak D’Baby ada lagi. Senangnya.

Kini, detak itu kian sering dan tambah sering. Kapan pun Bunda meletakkan telapak tangan di perut, getar mungil itu terasa. Sungguh ajaib!. Harap Bunda, D’Baby kian tumbuh sehat. Bunda pun berusaha menyiapkan “rumah” yang lebih besar lagi. Dan, Alhamdulillah chek bulan ini menunjukkan ke arah positif: BB 40 kg (kembali normal pasca batpil) dan TB 70/110 (normal).


glitter-graphics.com

10 komentar:

  1. tetap semangat ya, Allhamdulillah sudah pulih dari batpil

    BalasHapus
  2. iya bunda gak boleh males makan, selain buat gedein 'rumah' juga buat menuhin kebutuhan gizi dede bayi:)

    aku termasuk tipe yang setuju sama bidan, gak mau pijet perut kecuali bidan atau dokter yang megang perutnya hehe:) moga lancar sampe hamilan ya bunda:)

    BalasHapus
  3. wahh bunda BBnya baru 40kg ya...kandungannya udah 5 bulan kan? kayaknya emang hrs ditmbah bunda BBnya, biar D'Baby bisa luas bergerak didalam sana....

    Mudah2an lancar semuanya sampe melahirkan yaaa....amiin

    BalasHapus
  4. salam kenal bunda...waa..selamat ya bunda...sesama bumil ni (aku 18 minggu), sama juga sering ngerasain kletak kletuk di tulang ekor hehe...semangat nambahin BB-nya..semoga tar lancar sampai lairan ya...

    BalasHapus
  5. Baru muncul di sini & baca-baca. :) Salam kenal, ya? Juga selamat atas kehamilannya.
    Aku ada sedikit pendapat, nih, mbak. Kali-kali aja bisa ikut menengahi beda pendapat sama suami.
    Jangan pake cara tradisional yang memijat perut bayi ketika hamil. Duh ... bahaya banget. Dulu aku pernah check up Binbin (udah lahir), & berbarengan dengan bumil yang pucat pasi wajahnya, usut punya usut, bebi-nya mau ilang karena sering dipijat di perut sama dukun. Ngeri... Untung aku ga pernah mau dipijat. Pokonya 1001 alasan buat ibu yang selalu mengingatkan untuk pijat. :d

    BalasHapus
  6. semoga bunda dan adik yg masih dalam perut sehat selalu deh...

    BalasHapus
  7. Duuh... senengnya d'baby dah mulai olah raga, sehat terus ya bunda & d'baby. Emang saat2 pertama kita bs merasakan gerakan baby adalah saat2 yg menyenangkan apa lg kalo dah kerasa tendangannya, wow...sakit tp luar biasa...kayak Zalfa dulu senengnya nendangin ummi makanya dia keluarnya kecepetan. Kalo d'baby yang betah dulu diperut bunda ya....

    BalasHapus
  8. Wah si bunda termasuk mungil juga ya berarti hihihi :) gpp bund, biar bb nya mungil yang penting ibu n baby sehatt..
    Duh baca cerita bunda jadi kangen ngrasain baby gerak2 di dalem perut hehe..
    Bund, bener kata moms diatas, gak usah pijet2 perut deh. Dulu DSOG ku juga mengingatkan semua bagian tubuh boleh kok dipijet, kecuali perut. Tapi kalo sekedar diusap2 pakai minyak gitu gpp sih. Kan ada tuh pijat/spa khusus bumil, tp dia nggak memijat perut. Keliatannya emang kayak dipijet, tp sbetulnya perutnya cuma diusap2 aja. Smoga lancar dan sehat ya bunda..

    BalasHapus
  9. ngilu deh bun sy denger crt yg kletek2 itu.. tp alhamdulillah kalo semuanya sehat2 aja ya.. semoga sehat & lancar trus hingga melahirkan nanti y.. :)

    BalasHapus
  10. Iya Bun...gak usah dipijat perut segala. Ntar mulai usia 7 bulanan, rutin senam hamil aja. Insya Allah, pegal2 atau kram terkurangi. Semoga calon dede selalu sehat ya :-)

    BalasHapus