29 Juni 2009

Syukuran 4 Bulanan

Fuih... akhirnya.... setelah tertunda karena Bunda sempet kena batpil, up date syukuran 4 bulanan bisa nonggol juga. Sebenernya, Bunda sedikit kesulitan mengumpulkan data akan dalil syukuran 4 bulanan. Habis, kebanyakan tradisi yang berkembang adalah syukuran menyambut 7 bulanan.

Ceritanya sih, waktu itu keluarga Bunda udah setuju dengan keputusan bahwa syukuran dilaksanakan pas 7 bulan aja. Tetapi, entah mengapa ditengah-tengah kesepakatan itu berubah halauan. Pertama, sepupu Bunda (Mas To’at) bilang kalau syukuran itu lebih baik pas 4 bulan, katanya dalil pembentukan roh janin di dalam Al-Quran diturunkan pas usia kehamilan 4 bulan. Entahlah. Trus, berkembang ke Ayah yang juga setuju kalau diadakan 4 bulan aja alias sepakat dengan sepupu Bunda. Disusul Pak Wo Bunda yang ikut nimbrung. Bunda sih manggut aja, abis bingung mau beropini apa, wong data ga ada.



Yo wes-lah, akhirnya deal syukuran dilaksanakan pas 4 bulan. Masalahnya sekarang, rencana tersebut bentrok dengan renovasi rumah. Oh.. My God!. Kalau Bunda sih usul, lebih baik renovasi ditunda dulu sampai selesai acara syukuran 4 bulanan. Maksudnya, biar kondisi rumah ga berantakan and pengerjaan ga terburu-buru. Tapi, Mama tetep kekeh mau renovasi dulu dengan alasan, pas syukuran (diharapkan) sudah selesai dan rapi. Hehehe... tapi sampai detik ini, renovasi belum selesai juga... Ya iya-lah semua sudut dibongkar semua... Cape deh!

Balik lagi ke acara syukuran, walau sedikit tertatih coz Bunda dalam kondisi batpil, acara sederhana tersebut berjalan lancar juga. Semoga do’a yang terpanjatkan mendapat limpahan Rahmat dari Allah. Amin.

Yang bikin seneng, 3 keponakan Bunda dateng yakni Aileen Alvina; Zhazha; dan Galih. Lucunya lagi, 3 ponakan nan lincah ini udah ngerti kalau di perut Bunda ada D’Baby heheee... jadi kalau mereka lagi pegang makanan, pasti deh Bunda dibagi juga. Katanya buat D’Baby... Wah, senangnya berlipat coz D’Baby udah disayang ketiga kakak-kakaknya...

Up Date 19 Minggu: “Berat badan turun lagi! Mungkin, karena sakit batpil kemarin. Masih mual-mual. Dan, addict sama Jambu Air! Ayah sampe kelimpungan nyarinya hehehee... lha, lagi ga musim jambu soalnya.

5 komentar:

  1. Selamat ya bunda...Ummi & Zalfa ikut mendoakan smoga bunda & d'baby selalu sehat, d'baby lahir dengan selamat dan jadi anak sholeh atau sholeha ( belum tau sih cewek or cowok), pokoknya semuanya lancar, Amin...

    BalasHapus
  2. Selamat ya bunda.. Semoga persalinannya lancar, ibu n baby nya sehat. Amin..
    Aku dulu juga syukurannya pas 4bulanan kok bund. Kapanpun syukurannya yang penting kan doanya ya :)

    BalasHapus
  3. memang harusnya 4 bulan bun seperti yg sepupu bunda katakan, tp ada juga yg bilang kalau sukuran 7 bulanan itu maksudnya adalah kalaupun bayinya lahir belum waktunya (prematur) kemungkinan hidupnya 99,99%, tapi kalau 4 bulan perjalannya masih panjang...makanya ada yg mengadakan syukuran di usia 4 bulan ada juga yg 7 bulan...

    selamat ya bunda Fisa...sebentar lagi rumahnya bakalan rame krna ada dede bayi...duh senangnya...

    BalasHapus
  4. Udah 4 bulan yah? Alhamdulillah, semoga diberikan kelancaran dan kesehatan sampe waktunya nanti.

    Gak masalah bun, mau 4 bulanan, mau 7 bulanan, intinya sama-sama syukuran, shodakoh dan mendoakan janin, supaya jadi anak yang sholeh. Asal yang terpenting gak pake acara ritual yang gak masuk akal yang biasanya ada di masyarakat terdahulu yang masih memegang tradisi kuno, yang menurut logika gak masuk akal, lebih hati-hati aja, agar acara sakral kita terjauh dari yang namanya acara musyrik. na'udzubillah.

    hehe..maaf kok jadi mapatahan sich. Yaaa.. sharing aja sich bun.

    BalasHapus
  5. saya juga waktu itu syukurannya 4 bulanan.. :) Selamat y.. semoga sehat terus u/ bunda & dedek yg di perut :)

    BalasHapus